Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Microsoft Excel mempunyai sekali banyak fungsi, dan yang paling sering digunakan untuk pendataan yang cukup rumit dan banyak, sehingga dalam satu worksheet biasanya terdapat banyak sekali data sehingga menghasilkan data yang berlembar-lembar yang melebihi satu layar tampilan tentunya. Naah biasanya dalam suatu data baris pertama merupakan baris judul yang isinya ada di bawahnya, ketika tampilan default excel ketika scroll di geser ke bawah maka baris judul yang ada di paling atas akan tertutup/tidak terlihat lagi, untuk mengatasinya anda perlu tahu cara membuat baris judul tetap terlihat di excel ketika scroll di geser ke bawah.

Cara membuat baris judul tetap terlihat di excel saat scroll di geser ke bawah ataupun ke samping tentu akan memudahkan anda ketika data anda banyak, karena anda tidak perlu mengingat-ingat urutan judul yang ada di wordsheet excel. Adapun mengenai rincian cara membuat baris judul tetap terlihat ketika scroll di geser ke bawah atau samping Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Membuat Baris Judul Tetap Terlihat di Excel Ketika Scroll di Geser
  • Siapkan lembar kerja / worksheet excel Anda yang mempunyai data lebih dari satu layar tampilan
  • Kemudian pilih menu View >> Freeze Panes, pada menu Freeze Panes terdapat 3 pilihan 1). Freeze Panes, jika menginginkan pada freezy di posisi sebelah atas baris yang anda pilih dan sebelah kiri kolom yang anda pilih 2). Freezy Top Row, jika menginginkan freezy pada baris pertama saja 3). Freezy First Column, jika mengingingkan freeze pada kolom pertama. Pada contoh kali ini saya klik cell D9, lalu pilih View >> Freeze Panes >> Freeze Panes, agar ketika saya geser ke bawah baris 1-8 tidak ikut ke geser, begitupun ketika saya menggeser ke kanan kolom A-C tidak ikut kegeser.

  • Selanjutnya silahkan lihat hasilnya, apakah sudah sesuai dengan keinginan apa tidak ? jika belum sesuai keinginan Anda bisa membatalkan freeze dari menu View >> Freeze Panes >> Unfreeze Panes.
Baca juga : Cara print judul berulang di excel
Demikian tadi Cara Membuat Baris Judul Tetap Terlihat di Excel Ketika Scroll di Geser ke bawah ataupun samping layar, bagaimana mudah bukan ?

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib