Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Adakalanya kita perlu menghubungkan antara sheet satu dengan sheet lainnya di ms excel, sehingga jika di klik teks yang sudah di kasih link akan menuju ke worksheet tujuan /sumber aslinya. Untuk membuat relasi (link) antar worksheet yang berbeda dalam sebuah workbook berikut langkahnya :
1. Aktifkan worksheet target (yang mau di jadikan link sumber) pada worksheet target tersebut aktifkan sel target.
2. Pada sel target ketikkan samadenga (=), lalu aktifkan worksheet sumber, perhatikan pada formula bar, bahwa nama worksheet diikuti dengan tanda seru, kemudian klik enter untuk mengakhiri.
Pada saat rekan menekan enter, worksheet yang aktif akan kembali ke worksheet target. Pada sheet target tampak alamat sel acuan dengan format penulisan misal seperti ini

=Sheet2!B5
dimana ;
Sheet2, merupakan nama worksheet sumber dalam contoh terdapat di Sheet2
!, merupakan sebagai pembatas penulisan nama sheet dengan alamant sel
B5, merupakan alamat sel dalam contoh terdapat di sel B5

Selain menggunakan cara di atas, rekan juga bisa menggunakan cara copy paste link langsung. untuk detailnya bisa di simak penjelasan berikut ini

1. Pada worksheet sumber pilih range sumber, kemudian click kanan >> Copy (Ctrl+C)
2. Aktifkan worksheet target, dan pindahkan posisi sel aktif pada alamat sel target
3. pada sel target klik kanan >> Paste Special, dan pada kotak dialog paste special klik tombol paste link.

Itulah cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk menghubungkan antar worksheet yang ada di microsoft excel, gimana mudah bukan ?

14 comments:

Anonymous said...

Pak, Saya ada permasalahan ni. Awalnya saya memilik satu workbook yang rumusnya antar query dan reportnya sudah benar dan lancar sejauh ini. Berhubung ukuran filenya terlalu besar, maka saya memutuskan untuk memisahkan ke 2 WORKBOOK yang berbeda antara data & query dengan reportnya. (Query menggunakan rumus if, sumif dan vlookup, sementara reportnya menggunakan combo box) Permasalahan mulai timbul karena pada waktu antara query dan reportnya sudah dipisah, ketika saya hendak mengganti opsi combo box di workbook reportnya, hasilnya tidak bisa update otomatis ketika file workbook tempat querynya berada ditutup. Hasilnya baru bisa terupdate otomatis ketika file workbook querynya sedang dalam keadaan dibuka, Sejauh ini saya sudah mencoba menggunakan rumus = / copy paste (seperti yang anda sarankan) dan bahkan juga vlookup, tapi tidak berhasil juga, calculation sudah diset ke automatic, dan memencet tombol F9 untuk calc now juga tidak berhasil… adakah solusinya? tolong... :'(

Hasanaji said...

untuk masalah ini, berarti bukan sekedar copy paste pak, combo boxnya perlu anda set ulang agar berfungsi "krn jika tidak di set ulang mbaca sheetnya akan rancu"
jika ingin memecah file ke dalam beberapa workbook Anda bisa menggunakan rumus offset di excel.
untuk lebih detail caranya mungkin akan saya jelaskan di postingan berikutnya.

Anonymous said...

kalau saya sudah buat dartar harga, trus untuk mengetahui harga barang tersebut dengan cara cukup degan ketik nama barang, gmna caranya pak/

ali said...

terimakasih infonya.......

Anonymous said...

aktifkan fungsi makro di excel, ato bisa juga dg memakai cara ini.
block semua kolom yg terisi, baru pilih fillter di tab DATA.

Anonymous said...

salam kenal... mhn pencerahannya utk cara ngelink antar sheet. Bagaimana caranya jika saya punya tabel di 2 sheet. Kolom a1 (nomor) dan b1 (nama). Saya ingin ketika saya ketikkan angka mis 3 di kolom a1 di sheet 2, maka di kolom b1 di sheet 2 akan tampil nama yan ada di sheet 1. Jadi sesuai dengan urutan yang ada di sheet 1. Sekali lagi mohon pencerahannya. Thx

Hasanaji said...

@Anonymous : Klo seperti itu bisa melalui macro pak, untuk detail caranya mungkin akan sy bahas di lain kesempatan

Anonymous said...

Pak saya punya kendala, saya membuat suatu engine perhitungan dan pengolahan data yg berbasis excel mulai dari database sampai dashboard hasilnya. saya buat dalam satu folder. di dalam folder tersebut ada beberapa folder dan masing2 folder memiliki beberapa sub folder juga. Kendala saya adalah setiap saya memindahkan folder seluruhnya (baik cut atau copy), fyi saya cut atau copy dari folder awal (induk) sehingga semua folder dan file di dalamnya terbawa, ternyata pada saat dijalankan di tempat lain baik extention lain maupun laptop lain, link pada formula masih merujuk ke alamat dimana formula tersebut dibuat, sehingga engine tsb tdk bisa digunakan. Pertanyaan saya, apakah memang excel tidak bisa merefresh formula yg terhubung dengan file lain? dan jika bisa, mengapa yg saya buat tidak bisa, dan bagaimana solusi atau cara membuat formula yang terhubung dengan banyak file bisa selalu digunakan walau dipindah2 selama dalam satu folder induk yang sama.
Formula yang saya gunakan a.l : Vlookup, Sum, Sumif, if, iferror, ifs, indeks, hour, minutes, lalu ada beberapa drop down list, pivot, dll

Trims bgt utk waktunya

Ali said...

Terimakasih gan info artikelnya ini yang saya cari cari siip

Terus Belajar Excel said...

Izin Sedot gan, semoga semakin berkah ilmunya

Unknown said...

Thax info.a

Unknown said...

saya membuat invoice mengunakan microsoft excel tapi saya mau menyambung kan antara data saya ke microsoft excel contoh waktu saya bikin invoice hanya dengan mengganti no siri di belakangnya agar semua data pelanggan nya sudah terganti gimana ya ?
terimakasih

Operator KomputerP said...

1. Pada worksheet sumber pilih range sumber, kemudian click kanan >> Copy (Ctrl+C)
2. Aktifkan worksheet target, dan pindahkan posisi sel aktif pada alamat sel target
3. pada sel target klik kanan >> Paste Special, dan pada kotak dialog paste special klik tombol paste link.

Belum paham yang ditas gan, tapi saya mengerti sedikit hee... kunjung balik gan ke Blog Kopinet Hubungkan Data AntarSheet

elduplicate said...

Saya ingin membuat file dengan format berikut :
Sheet1 berisikan data yang sewaktu-waktu saya edit.
Sheet2 Menampilkan value yang ada pada sheet1 namun dengan syarat tertentu. Misal hanya column/row terisi saja yang muncul pada sheet2.
Tujuannya agar yang tercetak hanya row/column terisi saja.
Gimana rumusnya tuh, gan?
Terima kasih sebelumnya.

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib