Mengenal Query di dalam Ms Access

Setelah mempelajari tabel dalam access, selanjutnya saya akan coba share tentang query dalam access. Perlu di perhatikan kalau query bukan "tidak sama" dengan tabel. secara umum pengertian dari Query adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang ditampilkan dalam bentuk visual, yang dapat digunakan untuk melihat, memodifikasi dan menganalisa data dengan berbagai alur yang berbeda. Selain itu query dapat juga digunakan sebagai sumber data (record source) untuk object form, report, page halaman dan lain sebagainya.

Macam-macam Query dalam Access
Secara umum query di dalam Microsoft Access mempunyai lima jenis query yang dapat di gunakan, dengan rincian sebagai berikut :
a) Select Queries, yaitu query yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa table sehingga didapatkan sekelompok data yang ditampilkan dalam format datasheet. Dengan select query, Anda dapat melihat data berdasarkan criteria tertentu, mengkalkulasi penjumlahan, nilai rata-rata, dan lain-lain. Select query adalah jenis query yang paling umum dan sering digunakan.

b) Crosstab Queries, yaitu query yang digunakan untuk mengkalkulasi penjumlahan, nilai rata-rata, menghitung jumlah record, dan operasi lainnya dimana total data tersebut di group dengan dua type informasi, satu informasi berada pada sisi sebelah kiri (sebagai baris), dan informasi lainnya berada pada sisi sebelah judul kolom.
c) Parameter Queries, yaitu query yang bekerja berdasarkan data-data criteria dan parameter lainnya yang dimasukkan terlebih dahulu kedalamnya. Ciri utama query jenis ini adalah pada saat query ini dijalankan pertama kali, akan muncul dialog box yang meminta Anda untuk megisi data-data yang diperlukan, misalnya criteria ataupun nilai tertentu.
d) Action Queries, yaitu query yang digunakan untuk membuat, merubah dan memodifikasi suatu data dan structure table. Terdapat beberapa action queries yang bisa digunakan seperti :
  • Append Queries, digunakan untuk menambah record dari suatu table ke table lainnya berdasarkan criteria tertentu.
  • Delete Queries, digunakan untuk menghapus record berdasarkan criteria tertentu.
  • Update Queries, digunakan untuk mengupdate record berdasarkan criteria tertentu.
  • Make-Table Queries, digunakan untuk membuat table, berikut dengan structure dan datanya yang berasal dari satu table atau lebih.
e) SQL Queries, atau bisa juga disebut SQL specific queries adalah query yang dibuat secara langsung menggunakan bahasa SQL. Karena memang pada dasarnya semua query dibuat menggunakan bahasa SQL kendatipun dalam tampilannya sudah berbentuk visual. Namun tidak semua query dapat dibuat secara langsung menggunakan mode visual ini. Khusus untuk SQL queries ini rekan hanya dapat membuatnya menggunakan bahasa SQL yang diketik langsung di mode SQL View dalam ms access.

Terkait Ms Access Lihat Juga

Mengenal Query di dalam Ms Access
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat tutorial terbaru melalui email

1 comments: