Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Tutorial ms access untuk kali ini cara menambahkan combo box di form yang sudah kita buat dalam ms access, lalu mengapa harus ada combo box dalam form ? ada berbagai macam alasan untuk menambahkan combo box dalam form yang salah satunya agar kita tidak perlu mengetik ulang field data yang akan kita cari, dan juga meminimalisir kesalahan dalam memanggil data yang sudah pernah kita buat di access. bagi yang belum tahu cara membuat form bisa membaca terlebih dahulu Tutorial microsoft access cara membuat form dan button di access.

Gambaran sederhananya gini, misal dalam tabel guru yang sudah pernah kita buat ingin di tampilkan di masing-masing field, otomatis kita harus manggil field kunci yang menjadi primary key yang ada dalam tabel guru tersebut, dimana dalam contoh ini adalah field kode guru. ketika saya ingin mencari data guru dengan kode misal "G130091" maka saya tidak perlu mengetik kode tersebut, melainkan tinggal  memilih kode tersebut dari combo box, maka data yang berkaitan dengan kode guru "G130091" akan tampil. Oke dari sini saya kira sudah paham maksudnya.

Tutorial Ms Access Cara Menambahkan Combo Box di Form Access
1. Silahkan buka form yang sudah pernah rekan buat, kemudian klik menu View >> Design View agar form yang pernah dibuat bisa di edit.
2. Pada bagian Form Design Tool pilih menu Design >> Combo Box, seperti ini

3. Letakkan combo box sesuai keinginan, maka akan muncul tampilan combo box wizard pilih opsi yang ketiga yakni Find a record on my form ... lalu klik Next

4. Pilih salah satu Field yang ingin dijadikan acuan dalam combo box dengan menekan tombol ">", dalam contoh kali ini saya ingin menambahkan kd_guru lalu klik Next

5. Setelah itu klik tombol Finish untuk mengakhiri.
Jika berhasil ketika dijalankan maka tampilannya kurang lebih seperti ini

Dan untuk menjalankan apakah fungsi combo box sudah berjalan dengan normal atau tidak, rekan bisa mengetesnya melalui View >> Form View.

3 comments:

Unknown said...

trims sudah bisa share...infonya sangat bermanfaat, akan tetapi saya mau bertanya saya pakai ms access 2007 tapi kenapa pada combo box wizard saya tidak muncul opsi "Find a record on my form ..."? apa yang menyebabkan tidak muncul opsi tsb, trims kirim jawaban ke email saya widiawan_sa@yahoo.com

Hasanaji said...

@Widi A : Maaf sepertinya utk Ms access 2007pun ndak beda jauh dengan Access 2010, terus terang sy sudah lama tidak menggunakan access 2007.
Tapi klo boleh ngasih saran mungkin anda cek terlebih dahulu utk memastikan bahwa ketika memasukkan Combo Box berada pd mode "Design View" krn jika ternyata dlm mode lain biasanya tidak bisa.
Atau temen2 lain ada yg lebih ngerti, silahkan comment di bawahnya
Thx

dutis-solution said...

kenapa di ms access saya gak ada "Find a record on my form" . terus bagaimana cara manualnya terima kasih

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib