Bila anda ingin membuat dan mengatur halaman di excel atau istilahnya cara membuat dan mensetting print area di microsoft excel bisa melakukannya setelah memahami artikel ini, biasanya untuk sebagian besar orang yang bekerja di kantoran/perusahaan masih mempercayakan untuk pendataan administrasinya menggunakan microsoft office terutama microsoft excel. Sedangkan kegiatan untuk mengatur halaman sheet di excel merupakan hal dasar dan pokok yang harusnya memang anda ketahui jika ingin belajar excel ataupun bekerja di kantoran/perusahaan yang anda inginkan di posisi administrasi misalnya. Meskipun mengatur sebuah sheet/halaman cukup simple namun tidak semuanya tahu akan hal ini, dengan mengatur print area anda bisa mencetak/print halaman-halaman tertentu yang ada dalam sebuah sheet ms excel.
Cara membuat dan mensetting print area di microsoft excel ini bisa anda praktekkan/gunakan di ms excel 2007 ke atas (excel 2007, 2010, dan 2013) yang memang untuk sekarang ini yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar orang ataupun di perusahaan-perusahaan.
Cara Membuat dan Mensetting Print Area di Microsoft Excel
- Silahkan buka dan siapkan lembar kerja ms excel yang ingin di setting print area, lalu blok/seleksi area halaman sheet yang ingin anda print nantinya
- Selanjutnya klik tab menu Page Layout >> Print Area, lalu klik tanda panah yang ada di print area dan klik Set Print Area, seperti gambar dibawah ini
- Maka akan muncul garis rintik-rintik yang menandakan batas area print yang anda gunakan, sehingga nantinya dukument yang di print adalah yang ada di dalam area sedangkan di luarnya tidak tercetak/print meskipun masih terdapat di dalam satu sheet excel
- Sebenarnya sampai disini anda sudah cukup untuk membuat print area, namun untuk memperjelas print area di excel anda perlu mensetting print area di ms excel yakni dengan memilih tab menu View >> Page Break Preview, seperti ini
- Centang/checklist pada kotak dialog box "Do not show..." dan klik tombol OK, Maka akan dihasilkan tampilan print area seperti ini
Itulah cara sederhana untuk mengatur area sheet lembar kerja atau biasa di sebut dengan pengaturan print area di microsoft excel. Anda juga bisa membaca postingan saya lainnya seputar microsoft excel di blog ini.
5 comments:
Trims.. tulisannya bermanfaat buat yg blm tau seperti saya...
slm hormat, sys mw tnya, bisa gk print area tp datanya ada di 2 sheet
Good...
Alhamdulillah nemu blog ini. Lupa dah lama gak pake excel...
Terimakasih Gan...
Terima kasih mas, suka kesini kalo pas butuh ngeprint, soalnya mesti lupa caranya haha..
Post a Comment