Tipe Data dan Sejarah Microsoft Access 2010

Microsoft Access 2010 merupakan software khusus untuk mengelola database yang masih dalam group Microsoft Office, dimana mempunyai tipe data, keunggulan dan juga sejarah microsoft access 2010 itu sendiri akan penulis bahas dalam artikel yang sederhana ini. Tujuan di publishnya artikel ini harapanya bisa sedikit membantu temen-temen yang belum tahu mengenai seluk beluk ms access 2010 baik itu keunggulan dari access 2010, sejarah dari microsoft access 2010 hingga tipe data yang ada dalam microsoft accesss itu sendiri. dan juga mungkin temen pembaca yang kini sedang mencari referensi untuk proposal ataupun karya ilmiah yang melibatkan penggunaan microsoft access 2010 dalam pembuatannya mungkin dengan adanya artikel ini bisa sedikit terbantu. Baik tak perlu panjang lebar, penjelasannya bisa disimak berikut ini;

Sejarah Microsoft Access 2010
Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.
Dengan Office 95, Microsoft Access 7,0 atau Access 95 menjadi bagian dari Microsoft Office Professional Suite bergabung dengan Microsoft Excel, Word, dan PowerPoint dan transisi dari Access Basic ke Visual Basic for Applications (VBA). Sejak itu, ada rilis dari Microsoft Access dengan setiap rilis kantor. Hal ini termasuk Access 97 (versi 8.0), Access 2000 (versi 9.0), Access 2002 (versi 10.0), Access 2003 (versi 11.5), Access 2007 (versi 12.0) dan Access 2010 (versi 14.0).

Access database format asli (Jet DB Database) juga telah berevolusi selama bertahun-tahun. Format termasuk akses 1.0, 1.1, 2.0, 7.0, 97, 2000, 2002, 2007 dan 2010. Yang paling signifikan adalah transisi dari Access 97 ke format Access 2000; yang tidak kompatibel dengan versi Access sebelumnya. Pada saat penulisan ini, semua versi baru mendukung format Access 2000. Fitur-fitur baru yang ditambahkan ke Access 2002 juga bisa digunakan oleh Access 2003 2007, dan juga 2010.
Tampilan dari Microsoft Access 2010

Keunggulan dari Microsoft Access 2010
Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL), query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.

Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS (Relational Database Management System) yang mendukungnya.

Tipe Data yang ada pada Microsoft Access 2010
Berikut ini type-type data yang biasanya digunakan pada Microsoft Acces :
a. Text
Tipe data text berupa segala jenis huruf dan angka. Maksimal hanya bisa menyimpan 255 character.
b. Memo
Mirip dengan type text tetapi memiliki jumlah maksimal penyimpanan yang lebih besar.
c. Number
Digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa angka.
d. Boolean Yes\No
Hanya memiliki 2 nilai yaitu  true (benar) dan false (salah). Biasanya digunakan untuk memilih salah satu dari 2 pilihan.
e. Auto Number
Memilki nilai constant dari 1 dan akan bertambah otomatis apabila ada data baru yang dimasukan.
f. Date\Time
Digunakan untuk menyimpan nilai, tanggal dan jam. Nilainya berkisar dari 1 Januari hingga 31 Desember 9999.
g. Currency
Digunakan untuk menyimpan nilai uang (dalam dollar atau mata uang lain).

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Access

Terkait Ms Access Lihat Juga

Tipe Data dan Sejarah Microsoft Access 2010
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat tutorial terbaru melalui email