Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Semakin banyak hal yang bisa dilakukan di excel, salah satu contohnya misal ketika kita mau membuat raport dengan microsoft excel kita bisa memanfaatkan kombinasi rumus IF dan Rank untuk menampilkan rangking siswa peserta didik hanya ranking 1 sampai 10 saja atau hanya ingin menampilkan rangking 1 sampai 3 saja atau terserah sesuai dengan keinginan rekan, maka rekan bisa mengkobinasikan rumus IF dan Rank didalamnya. Sebenarnya beberapa waktu yang lalu saya juga pernah membahas mengenai penggunaan rumus rank di ms excel namun sepertinya masih terlalu simple, maka dari itu saya berpikir untuk mensharekan kombinasi rumus IF dan Rank di excel yang gunanya untuk menampilkan rangking-rangking tertentu semisal; untuk menampilkan ranking siswa 1-10 saja.

  • Pertama, silahkan buat kerangkanya, semisal disini penulis mengambil contoh sebagai acuan ialah untuk menentukan rangking siswa dari data rata-rata yang ada di cell/kolom Y9 sampai Y43
  • Maka penulisan rumus pada kolom Rangking yang dalam contoh ini terletak di Cell Z9 sampai Z43, pertama pada Cell Z9 rumus yang digunakan =IF(RANK(Y9,$Y$9:$Y$43,0)+COUNTIF($Y$8:Y8,Y9)<=10,RANK(Y9,$Y$9:$Y$43,0)+COUNTIF($Y$8:Y8,Y9),"-") untuk lebih jelasnya bisa di lihat gambar dibawah ini

  • Kemudian untuk menggandakan rumus pada cell di bawah cell Z9, maka pada cell Z9 anda sorot pada bagian bawah kanan dan tunggu hingga muncul tanda plus (+) lalu tarik ke bawah (click and drag) misal dalam contoh kali ini hingga cell Z43.
Penjelasan;
  1. $Y$9:$Y$43 : Range siswa yang diambil dari nilai rata-rata siswa, (anda sesuaikan sesuai detempat anda)
  2. Y9 : sebagai data acuan, karena rumus saya tulis mulai dari cell Z9 (anda sesuaikan sesuai detempat anda)
  3. teks yang berwarna merah (huruf 10) yang ada pada rumus merupakan rangking maksimal yang akan di tampilkan, selain rangking 1-10 akan tercetak - (seperti teks yang berwarna hijau, pada rumus diatas)
  4. Dalam contoh ini penulis menggunakan rumus pembatas koma (,) dalam beberapa komputer juga ada yang menggunakan titik koma(;) jadi jika rumus diatas tidak bisa diaplikasikan di komputer anda, cobalah ganti dengan titik koma(;)

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib