Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Bingung bagaimana cara membuat bagan di word? Sebelumnya ketahui bagaimana teknologi telah menjadi kawan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Dengan bantuan teknologi ada banyak kegiatan yang dapat diselesaikan lebih cepat. Komputer menjadi satu dari sekian teknologi yang tidak lepas dari kehidupan. Digunakan di kantor, di rumah, sekolah dan di berbagai tempat lainnya. Satu dari banyak program yang sering digunakan adalah program microsoft word yang merupakan bagian dari microdoft office.
Microsoft word merupakan aplikasi perangkat lunak dalam Windows maupun OS. Microsoft word dapat digunakan untuk membuat data berupa tulisan, gambar, grafik, tabel, bentuk lainnya. Di microsoft word Anda dapat membuat bagan atau gambar skema dengan lebih mudah. Biasanya bagan dibuat untuk struktur organisasi ataupun alat peraga untuk sesuatu yang berisi data untuk menggambarkan alur, skema dan lain sebagainya. Jika Anda belum menguasainya, berikut cara membuat bagan di word dengan cara yang mudah.

Cara Membuat Bagan di Word dengan SmartArt
Dalam aplikasi microsoft office word terdapat berbagai menu yang memiliki fungsi berbeda. Untuk membuat bagan dapat menggunakan menu SamartArt yang terdapat ada tootbar atas. Dalam menu SmartArt terdapat berbagai macam pilihan bagan yang dapat dipilih. Lebih jelasnya ikuti langkah beriku untuk mengetahui cara membuat bagan di word.
1. Pertama pastikan Anda telah berada dalam aplikasi microsoft word.
2. Selanjutnya pilih dengan klik sub menu SmartArt yang terdapat pada tab Insert. Lihat gambar 1
cara membuat bagan di word

3. Setelah meng klik SmartArt akan muncul kotak dialog yang berisi berbagai pilihan bagan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Pada beberapa pilihan tersebut memiliki fungsi penggunaan masing-masing. Berikut penjelasannya.
  • List dapat digunakan untuk membuat bagan berisi list data yang sejajar.
  • Process dapat digunakan untuk menggambarkan perjalanan alur atau proses dengan lebih jelas.
  • Cycle dapat digunakan untuk menjelaskan alur atau proses yang berlangsung secara melingkar. 
  • Hierarchy dapat digunakan untuk bagan berisi tingkatan atau alur bercabang
  • Relationship dapat digunakan untuk bagan yang menggambarkan saling  berhubungan
  • Matrix dapat digunakan untuk bagan dengan fungsi matrix
  • Pyramid, dapat digunakan untuk membuat tingkatan pada suatu kasus tertentu dengan bagan berbentuk piramida
  • Picture dapat digunakan jika Anda ingin menabahkan gambar dalam bagan yang Anda buat. Pilihan ini dapat membuat bagan Anda lebih menarik dilihat.

cara membuat bagan di ms word

4. Anda tinggal meng klik salah satu menu bagan yang ditawarkan sesuai dengan pilihan Anda. Misalnya dengan memilih Hierarchy untuk membuat struktur organisasi sekolah.
5. Setelah memilih hierarchy dan memilih bentuk bagan yang diinginkan, bagan akan muncul di lembar word Anda. Selanjutnya Anda dapat mengisi tulisan dengan mengetik ada kotak dialog type your text here atau secara langsung ada bagan dengan tulisan shape yang ada.

6. Bagan yang Anda inginkan sudah jadi. Anda dapat membuat kreasi bagan sesuai keinginan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Printer Canon
Sangat mudah bukan cara membuat bagan di word seperti cara di atas. Tidak membutuhkan waktu yang lama sebab banyak pilihan yang dapat memenuhi apa yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu lagi ribet membuat bagan dengan penggaris yang kadang kala memiliki ukuran yang tidak sama. Membuat bagan dengan word tampilan bagan buatan Anda juga dapat lebih menarik jika dipresentasikan. Tinggal bagaimana Anda membuat kreasi menggunakan berbagai menu yang ada.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib