Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Microsoft access merupakan salah satu program bawaan microsoft yang biasa digunakan untuk keperluan pengeolahan data berbasis database, dengan microsoft access kita bisa membuat sebuah aplikasi sederhana hanya dengan menggunakan ms access. Namun sebelum belajar lebih jauh mengenai access, alangkah baiknya kita mengenal struktur dasar database & tabel dalam microsoft access.
Pada saat pertama kali membuka aplikasi ms access, pertama rekan akan membuat database dimana dalam satu database bisa membuat banyak tabel (lebih dari satu tabel) dan juga query. Adapun untuk detail cara membuatnya silahkan simak penjelasan berikut ini :
  • Pertama silahkan buka aplikasi microsoft access di Start >> All Programs >> Microsoft Office >> Microsoft Access, tunggu beberapa saat hingga aplikasi access terbuka, selanjutnya rekan bisa langsung membuat database baru di bagian Blank Database, File Name isikan nama database dan tempat penyimpanan databases nantinya dan jika sudah klik tombol Create
  • Maka akan muncul halaman kerja baru dalam ms access, untuk membuat tabel baru click tab menu Create >> Table. maka akan muncul halaman baru yang masih kosong, selanjutnya isikan data field record yang akan rekan buat misal saya contohkan seperti ini

  • Dalam membuat tabel dalam ms access, yang perlu rekan catat dan perhatikan adalah di setiap tabel harus mempunyai primary key "field yang unik" dimana dalam setiap field yang menjadi primary key /kunci utama tidak boleh memiliki data yang sama. biasanya untuk primary key di tandai dengan tanda kunci di sebelah kiri field tersebut.
  • Selain primary key, yang perlu rekan isi cukup hanyalah di bagian Field Name, Data Type dan Field Size. untuk yang lain optional (boleh tidak di isi).
  • Jika sudah rekan bisa menyimpan nama tabel tadi dengan memilih File >> Save (seperti biasa, isikan nama tabel yang di inginkan), dan bila ingin menambahkan isi tabel (record) di masing-masing filed yang sudah rekan buat caranya cukup klik tab menu Fields >> View >> Datasheet View, selanjutnya rekan tinggal memasukkan isi tabel sesuai dengan keinginan

  • Terkahir pilih save untuk menyimpan lembar kerja.
Untuk membuat tabel baru yang masih dalam satu database lakukan cara yang sama seperti di atas, dari perintah create table.

5 comments:

Trisna Novi Ashari said...

Untuk Admin, salam kenal dari http://belajar-msaccess.blogspot.com/
Mari saling berbagi ilmu dan tetap semangat belajar sesuatu yang baru.
Ditunggu kunjungan baliknya ;)
Sukses selalu :)

toko online kerajinan tangan said...

nice info :D

Unknown said...

gan, mau tanya kalau data typenya mau kita ubah dari text ke number atau sebaliknya bagaimana caranya yaa,,

Hasanaji said...

@yudi : Point ke-2 dari penjelasan sy diatas mas, atau dr menu Fields >> View >> Design View. naah dari Design View inilah kita bisa menata ulang struktur tabel penyusun, termasuk type datanya Text >> number ataupun sebaliknya.

Anonymous said...

Mantap gan info nya

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib