Fungsi Rumus Excel SUMIF

Sebelumnya saya sudah pernah share mengenai beberapa rumus dasar dalam microsoft excel, untuk kali ini penulis akan share mengenai fungsi rumus dari SUMIF di microsoft excel. Fungsi dasar rumus excel SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data atau nilai numerik yang memenuhi kriteria tertentu.
Rumus SUMIF yang digunakan dalam excel bisa didefinisikan =SUMIF(A,B,C) dimana ;
A = digunakan untuk range yang akan di uji
B = digunakan untuk menentukan syarat
C = range data yang akan dijumlahkan

Misal bisa di lihat dalam menghitung jumlah barang yang terjual berdasarkan kategori yang berupa laporan penjualan barang di salah satu toko komputer berikut

Dari gambar di atas bisa kita lihat misalnya untuk menghitung jumlah product "Mouse" yang terjual dalam suatu toko komputer dengan range data product antara B2 sampai B9 dan juga range jumlah /quantity antara C2 sampai C9 maka rumus yang digunakan =SUMIF(B2:B9;"Mouse";C2:C9)

Note : dalam beberapa program office di beberapa komputer penggunaan "," (koma) sebagai pembatas rumus tidak berfungsi. jadi jika terjadi seperti itu rekan bisa mengganti "," (koma) dengan ";" (titik koma) begitupun sebaliknya.

Terkait Rumus Excel Lihat Juga

Fungsi Rumus Excel SUMIF
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat tutorial terbaru melalui email

1 comments:

19 March 2015 at 00:49 delete

bener2 ya, saya selama ini underestimate excel karena gak ngerti, ternyata setelah pelajarin formulanya, excel itu mempermudah hidup bangett

Reply
avatar