Fungsi Rumus Excel VLookup dan Contoh Penggunaan VLookup di Ms Excel

Bila anda bicara rumus excel maka yang ada anda harus mengerti fungsi dan kegunaan banyak rumus yang ada pada microsoft excel, salah satunya ialah rumus excel VLookup yang merupakan rumus excel yang sering digunakan dalam mengerjakan tugas kantor, pengerjaan laporan administrasi, ataupun kegiatan lain yang melibatkan penggunaan microsoft excel dalam pengerjaannya. Jadi jika anda ingin menjadi pegawai kantoran/bagian administrasi maka salah satu hal yang harus anda kuasai ialah penggunaan microsoft office (terutama ms word dan ms excel) karena memang aplikasi ms office ini memang paling populer untuk saat ini.

Dengan microsoft excel sendiri banyak hal yang bisa kita lakukan dengan aplikasi yang satu ini, karena memang fitur dan rumus yang tersedia di excel sangat bervariasi dan lengkap ketimbang program aplikasi sejenis office lainnya. Rumus excel VLookup juga sering digunakan dalam kegiatan pendataan menggunakan microsoft excel.

Fungsi Rumus Excel VLookup dan Contoh Penggunaan VLookup di Ms Excel
Pada dasarnya kegunaan / fungsi utama rumus VLookup dalam microsoft excel ialah membaca dan menampilkan tabel yang dihubungkan untuk mendefinisikan suatu keadaan tertentu yang penyajiannya data tersebut pembacaanya secara vertikal (atas ke bawah) dimana penyajiannya di urutkan dari nilai yang kecil ke besar (A-Z)/Ascending. 

Bentuk Penulisan Rumus Vlookup di Ms. Excel

Yang kurang lebih artinya seperti ini =VLOOKUP(nilai yang dibaca,tabel pembacaan, nomor index kolom)
Penjelasan dari format rumus VLookup diatas kurang lebih seperti ini :
lookup_value >> Nilai yang dibaca adalah nilai sebagai dasar pembacaan tabel
tabel array >> tabel pembacaaan adalah range data yang disusun secara vertikal dan horizontal yang berfungsi sebagai tabel yang akan dibaca
col_index_num >> nomor indeks kolom adalah nomor urut yang menunjukkan posisi kolom dalam suatu tabel
row_index_num >> nomor indeks baris atau kolom adalah nomor urut yang menyatakan posisi baris dan kolom suatu tabel.
[range_lookup] >> merupakan eksekusi dari perintah jika benar maka datanya sesuai, jika tidak  maka False (tidak ada)

Mungkin untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh penggunaan rumus VLookup di Ms excel

Dari gambar diatas bisa di simpulkan ;
untuk mengisi kolom HURUF (cell E11) maka menggunakan rumus =VLOOKUP(D9;H9:J13;2) serta pada bagian KETERANGAN (cell F11) menggunakan rumus =VLOOKUP(D9;H9:J13;3)

Dari contoh soal VLookup diatas yang perlu anda pahami dan cermati ialah peletakan dan cara membaca tabel yang benar, sehingga anda tidak salah memanggil nilai yang dimaksud dalam suatu tabel excel.


Terkait Belajar Excel Rumus Excel Lihat Juga

Fungsi Rumus Excel VLookup dan Contoh Penggunaan VLookup di Ms Excel
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat tutorial terbaru melalui email

2 comments