Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Berbiacara microsoft office excel tidak lepas dari semua hal yang ada kaitannya dengan pengaturan angka, termasuk pengaturan tanggal (hari, bulan, tahun) di microsoft excel. Seperti yang kita ketahui format awal (default) ms excel biasanya berawalan bulan-tanggal-tahun yang merupakan format standart yang regionalnya menggunakan standart english, padahal untuk format penulisan tanggal di Indonesia menggunakan DD-MM-YYYY atau diawali dengan hari-bulan-tahun, naah disini saya akan menjelaskan maksud untuk pengaturan tanggal /DATE di microsoft excel.

Meskipun pada dasarnya cara ini juga bisa anda pergunakan untuk format yang lain, semisal dd/mm/yyy (ex;12/05/2013), atau dd-mm-yy (ex;25-03-2013) atau format lain seperti dd mmmm yyyy (ex ; 27 juni 2013) dan format penanggalan lainnya. Namun pada intinya untuk mendifinisikan DATE ialah :
D = Day = Hari, jadi jika ingin menampilkan hari 2digit berarti ditulis DD
M = Month = Bulan, Sama seperti diatas, yakni untuk penulisan format bulan
Y = Year = Tahun, Untuk format tahun.

Uraian diatas merupakan pemahaman dasar menganai pengaturan tanggal/DATE di microsoft excel, adapun untuk pengaturan tanggal dalam ms excel sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, namun disini saya akan menjelaskan cara yang simple dan paling sering digunakan oleh pengguna excel yang sedang belajar excel.

Mengatur Format Tanggal/DATE Hari, Bulan, Tahun di Excel
1. Pilih/seleksi/blok cell yang ingin di atur format tanggal/DATE nya.
2. Kemudian klik kanan pada mouse, pilih Format Cells seperti gambar berikut

3. Pada tab menu Number, pilih menu "Date"
4. Pada opsion "Location" pilih Indonesia, serta bagian "Type" merupakan format penanggalan yang bisa anda pilih, dan jangan lupa lihat sample untuk melihat perkiraan nantinya. Misal disini saya memilih type=14 Maret 2001, maka ketika saya mengetikkan 17/08/2013 yang keluar/tampil ialah 17 agustus 2013.

5. Jika sudah sesuai dengan yang diinginkan, silahkan klik OK

Sampai sini biasanya sudah bisa, namun jika ternyata masih belum bisa dalam artian format excel untuk tanggalnya masih diawali bulan-tanggal-tahun, meskipun di pilihan datenya sudah dipilih format indonesia dd-mm-yyyy. Maka solusinya ialah anda atur /setting format Regional and Language di PC anda.
Cara mengatur penanggalannya seperti berikut ini :
1. Buka control panel melalui Start >> Control Panel, lalu pilih menu Regional and Language seperti ini

2. Maka akan tampil format Date yang sdang digunakan, pada pilihan Format=Indonesia serta pada pilihan Short Date = dd/mm/yyyy dan Long date=dd mm yyyy Mungkin untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah

3. Pilih OK, dan silahkan restart "tutup>>buka ulang" microsoft excel anda.

12 comments:

pondok microsoft office said...

bagaimana mengatur tanggal agar otomatis pada tiap sheet, mhn penjelasan.

Nari Ratih said...

thx for infonyaa ;)

Unknown said...

bagi info dunk. gimana cara merubah format date menjadi huruf misal : 01 januari 2001 agar bisa tertulis menjadi tanggal satu bulan januari tahun dua ribu satu, trims

Hasanaji said...

Maaf kurang paham maksudnya..

Hasanaji said...

Klo seperti itu menggunakan rumus terbilang Mas, utk rumus terbilang sendiri sudah pernah sy bahas di blog ini "cuman contohnya angka"
utk tanggal mungkin bisa di sesuaikan..

kojep said...

bro w ko ga bisa ngerubah yah? ex 11/01/2014 10:56 menjadi 11 januari 2014?

Hasanaji said...

Di pastiin dulu settingan Region dan bahasanya sudah dirubah ke mode Bahasa Indonesia pa belum?

Anonymous said...

Bagaimana cara seting date kalau saya mau buat data untuk tahun sebelumnya. Misalkan sekarang kan tahun 2016, secara default excel akan memasukan tahun 2016 di format mm-dd-yyyy.Sedangkan saya mau masukkan data yang semuanya tahun 2015 punya. Bagaimana cara mengatur format yyyy nya. Makasih yaaa sebelumnya

Huda said...

Terimakasih untuk informasinya sangat bermanfaat ..

Unknown said...

Saudara..mohon bantuan..bagaimana jika kita mau mengitung masa kerja sehingga setiap bulannya otomatis berubah ketika kita ganti tanggal. Thanks

Anonymous said...

Min. Ini kok ga bisa ya padahal tanggal jam udah sesuai ex: 31/07/2018. Tapi pas di excel yg keluar 31/01/1900

Life is Beautiful said...

bisa gak ngerubah 01022015 menjadi 1 januari 2015, untuk list yang berbeda2

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib