Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Jika kita belajar ms excel maka tidak ketinggalan biasanya berkaitan dengan mata uang /nominal rupiah "Rp", padahal untuk settingan awal number biasanya otomatis tidak tersetting ada Rp "rupiah" dalam tampilan yang ada, naah agar bisa Rp bisa tampil di awal nominal angka "number" yang sudah kita buat caranya anda bisa mensetting format mata uang rupiah "Rp" pada bagian format cells yang tersedia di microsoft excel. Sebelum bicara banyak mengenai microsoft excel anda juga bisa membaca artikel saya sebelumnya yang bisa di jadikan referensi ketika belajar ms excel yang berkaitan dengan rumus excel dan contoh soal excel yang cukup lengkap, meskipun mungkin ada sebagian yang merupakan materi dasar dalam pembelajaran ms excel.

Untuk cara mengatur format mata uang Rupiah (Rp) dalam microsoft excel bisa dilakukan dengan beberapa cara yang cukup simple, namun meskipun begitu mungkin ada temen-temen yang belum tahu caranya atau karena memang baru belajar ms excel dasar untuk mengengetahui cara menampilkan Rupiah (Rp) di depan nominal uang/nomor yang di inginkan.

Mengatur/menampilkan mata uang rupiah (Rp) di dalam microsoft excel sering di lakukan dalam dunia industri/usaha hampir di semua bidang industri, karena memang microsoft excel setidaknya sekarang masih mendominasi pasar perkantoran/office.

Cara Mengatur Format Mata Uang Rupiah (Rp) dalam Ms. Excel
Untuk mengubah format angka biasa ke dalam format mata uang Rupiah "Rp", langkah-langkah yang perlu dilakukan ialah :
1. Seleksi/blok cell-cell excel yang ingin anda atur format angkanya
2. Kemudian klik kanan pada area cell yang terseleksi tadi, pilih Format Cells, sehingga akan tampil kotak dialog format cells
Cara Mengatur Format Mata Uang Rupiah (Rp) dalam Excel

3. Pada bagian tab menu Number, pilih Category Currency/Accounting
4. Perhatikan pada bagian kotak kanan, pada pilihan Symbol anda cari dan pilih Rp Indonesian untuk menampilkan format rupiah ke dalam lembar kerja excel

5. Klik OK dan silahkan lihat hasilnya.

Note :
Perbedaan antara Currency dan Accounting ialah jika anda memilih Currency maka symbol Rp akan tampil di depan persis (tidak rata kiri, mengikuti nominal angka yang ada), sedangkan jika memilih mode Accounting symbol Rp akan tampil di depan nominal angka dan rata kiri.

14 comments:

Unknown said...

jossss

Anonymous said...

Terima kasih mbak fenita

pondok microsoft office said...

ms excel memang dirancang untuk mengola data angka, salah satu pengaturan yang penting adalah bagaimana mengatur angka menjadi rupiah. jadi, artikel di atas sangat membantu, trims ya gan mg manfaat.

sewa interpreter said...

Pas ketemu apa yang saya cari..trims ya.

Unknown said...

sangat mantap penjelasannya... I love you yah.... Hehehehhh

risa said...

Makasihhhhh banyaam membantu

Pejuang Mimpi said...

Terimakasih infonya.

Unknown said...

Thanks guys :v

Unknown said...

Selamat malam. saya ingin tanya, saat diubah ke accounting format rupiah, punya saya simbol Rp nya kok muncul nya di kanan yah (cth: 145,000Rp). Apakah ada cara utk mengubahnya? Trims..

Anonymous said...

Hmm sangat membantu banget

Unknown said...

terimakasih sangat bermanfaat banget

Ika Saputri said...

Makasih ya sangat membantu (y)

Unknown said...

Terimakasih sangat membantu

Unknown said...

Terima kasih

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib