Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Seperti yang kita tahu fungsi dari Ms excel sangat komplek, terutama dalam hal matematik/perhitungan. dan ternyata jika anda ingin menggunakan fungsi konversi atau convert pada microsoft excel juga bisa digunakan, artinya jika anda lupa atau ingin membuat konversi jarak, satuan berat, satuan jarak, satuan waktu, dan satuan lain yang seperti kita kenal dalam perhitungan satuan konversi bisa diterapkan di ms excel.

Mungkin bagi sebagian pembaca ada yang kurang familiar atau malah belum mengerti jika microsoft excel bisa digunakan untuk konversi berbagai macam satuan seperti pada satuan matematik pada umumnya, naah buat anda yang penasaran cara menggunakan fungsi konversi satuan pada ms excel mungkin bisa menyimak penjelasan berikut.

Rumus yang digunakan dalam Koversi / Convert Satuan pada Ms Excel
Untuk menggunakan fungsi konversi / convert satuan pada ms excel, rumus standart dari excel bisa ditulis seperti ini =CONVERT(number, "from_unit", "to_unit")
Penjelasan dari rumus CONVERT diatas ialah :

a. CONVERT, merupakan fungsi rumus baku CONVERT untuk merubah satuan atau konversi satuan unit.

b. number, merupakan kolom nilai yang akan dikonversi.

c. from_unit, merupakan mendefinisikan satuan yang dikonversi.

d. to_unit, merupakan mendefinisikan satuan hasil konversi.

Catatan tambahan; untuk rumus pemisah koma (,) diatas bisa anda ganti dengan titik koma (;) jika penggunakan pemisah koma (,) tidak berfungsi, karena pada dasarnya Ms excel mengenal dua pemisah yakni koma (,) dan titik koma (;)

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengunakan fungsi konversi / convert satuan pada ms excel silahkan simak contoh berikut ini;

Cara Menggunakan Fungsi Konversi/Convert Satuan di Ms Excel
dalam contoh kali ini penulis memberikan contoh penggunaan konversi satuan berat pada excel.
1. Pertama siapkan dulu lembar kerja di ms excel, misal seperti lembar kerja berikut ini opsional (boleh beda)

2. Selanjutnya untuk mengetahui konversi satuan akhir dari hasil konversi, anda bisa menuliskan rumusnya di kolom Hasil. Misal seperti ini
Cell C3 tuliskan rumus =CONVERT(B3,"kg","hg")
Cell C4 tuliskan rumus =CONVERT(B4,"kg","dg")
Cell C5 tuliskan rumus =CONVERT(B5,"kg","cg")
Cell C6 tuliskan rumus =CONVERT(B6,"kg","mg")
Cell C7 tuliskan rumus =CONVERT(B7,"kg","g")

3. dari rumus diatas, maka memperoleh hasil seperti gambar dibawah

4. Selesai
Catatan; dengan menggunakan fungsi konversi satuan pada excel, anda bisa memanfaatkannya ketika lupa satuan konversi. dalam contoh diatas penulis hanya menggunakan fungsi satuan berat pada excel, selain itu excel bisa juga bisa convert ke satuan lain yang ada pada satuan matematik. dengan rumus convert diatas anda bisa kreasikan sendiri sesuai kebutuhan.

1 comment:

Unknown said...

kalau ml ke kg. misalkan produk minuman kan ml kita mau kirim melalui jasa penitipan barang. dihitungkan per kg? cara pake excelnya bagaimana?

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib