Cara Mengubah Data Baris ke Kolom di Excel

Penggunaan excel memang sangat komplek, tidak hanya sebatas aplikasi untuk menghitung melainkan juga bisa digunakan untuk mengubah data baris ke kolom atau sebaliknya mengubah kolom ke baris pada ms excel. Adapaun mengenai caranya juga sebenarnya cukup simple dan tidak begitu ribet yakni dengan memanfaatkan perintah copy-paste mode transpose di excel, namun meskipun begitu saya kira sebagian pembaca ada yang belum tahu cara mengubah data baris ke kolom di excel atau sebaliknya mengubah data kolom ke baris di excel.

Cara mengubah data baris ke kolom atau sebaliknya di excel ini perlu anda lakukan bila ternyata anda sudah terlanjur mengetikkan data dalam bentuk baris berbentuk mendatar (horizontal) ke samping tetapi kemudian harus membuat data yang formatnya berbentuk vertikal (tegak), padahal datanya tidak sedikit. Dan bila anda harus menulis ulang satu persatu tentu akan membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit, maka dari itu anda perlu menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah dengan mengkonversi data baris ke kolom di excel.

Untuk detail cara mengubah data baris ke kolom di excel atau sebaliknya, silahkan simak penjelasan berikut ini:
1. Pertama silahkan siapkan datanya/lembar kerja ms excel yang ingin dirubah tampilan datanya dari baris ke kolom atau sebaliknya, semisal saya mempunyai data seperti ini

2. Selanjutnya untuk mengubah posisi data baris ke kolom atau sebaliknya, anda seleksi/blok data tersebut lalu pilih Copy atau Klik kanan >> Copy (Ctrl+C)

3. Lalu pastekan data tersebut di sheet baru, dengan cara klik kanan >> Paste Special atau dari menu Paste Special

4. Pada tampilan paste special windows, kasih tanda centang (checklist) pada Transpose, lalu OK

5. Jika berhasil maka data yang semula baris akan menjadi kolom, atau sebaliknya lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya


Sekarang bisa anda lihat perbedaanya, data yang sebelumnya menyamping (horizontal) akan tegak vertikal dengan kata lain data yang semula baris menjadi kolom atau sebaliknya.

Terkait Belajar Excel Lihat Juga

Cara Mengubah Data Baris ke Kolom di Excel
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat tutorial terbaru melalui email

3 comments

26 June 2014 at 05:03 delete

Luar biasa, nanti di coba ya dari penjelasannya kak

Reply
avatar
27 August 2014 at 01:44 delete

pak, yang c10 data awal ( sebelum diganti) pake rumus sum atau if.??kan mousenya aja yang dihitung..... lagi belajar nih :)

Reply
avatar
22 September 2014 at 08:07 delete

Yups bener sist, rumus yg digunakan ialah SUMIF
seperti ini lebih tepatnya
=SUMIF(B2:B9,"Mouse",C2:C9)

Reply
avatar