Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Sebagai orang muslim yang taat keberadaan kitab suci Al Qur'an sudah tidak bisa terbantahkan, karena berbagai sendi kehidupan berpegang pada ayat-ayat Al Qur'an yang suci. dan saya sebagai seorang muslim juga pernah kepikiran bagaimana caranya untuk menuliskan ayat-ayat Al Qur'an ke dalam Microsoft Word dengan benar baik dari segi tulisnnya dan artinya. Terbayang susahnya kan jikalau menuliskan satu per satu ayat al quran ke dalam microsoft word ? waktu itu terpikir juga bagaimana para guru Agama Islam menuliskan soal-soal agama islam yang di dalamnya terdapat ayat al quran serta ayat kursi-buku tahlil yang disitu terdapat kumpulan ayat al quran beserta terjemahan bahasa Indonesianya. Setelah rasa penasaran itu ada, muncul ide untuk mencari tahu melalui online, dan Alhamdulillah ketemu solusinya yang cukup mudah dan cepat dalam penggunaanya, karena saya yakin hampir semua orang yang mengerti komputer bisa menjalankan add-ins ini. Add-Ins ini di beri nama Al Quran In oleh beliau Mohammad Taufiq selaku pencipta software ini, Alhamdulillah masih ada orang yang paham agama dan mengamalkan ilmu pengetahuannya untuk kemaslahatan umat Islam. Al Quran In bisa disisipkan ke dalam microsoft word versi 2007, 2010, 2013. Dengan begitu kamu  bisa menggunakan aplikasi ini kedalam microsoft word yang kamu miliki.

Fitur yang dimiliki Al Quran In Word
  1. Menu pilihan Surat dan Ayat tertentu
  2. Menampilkan Arab / Terjemahan saja atau kedua-duanya 
  3. Automatic Replace
  4. Menampilkan semua Ayat dan diikuti terjemahannya atau Terjemahan per ayat
  5. Support Lebih dari satu terjemahan : Indonesia, Malaysia, Perancis, German, Inggris, Rusia dan lain-lain
  6. Menampilkan alternatif Unicode text


Baik saya kira dengan penjelasan saya diatas yang cukup panjang kali lebar, kamu bisa memahami maksud dari cara memasukan ayat al quran ke dalam microsoft word tanpa harus mengetiknya satu per satu hurufnya. Adapun mengenai cara memasukan ayat al quran ke dalam ms word selengkapnya kamu bisa menyimaknya pada penjelasan dibawah ini.

Download dan Cara Install Al Quran In di Word
Untuk mendownload Al Quran In kamu bisa mendownloadnya secara gratis di http://taufiqproduct.com atau disini
Setelah mendownload, kamu bisa menginstallnya seperti aplikasi biasa pada umumnya. Karena tidak membutuhkan settingan yang aneh-aneh saya anggap sudah bisa. (mudah, tinggal install, klo ada pilihan next dipilih sampe keluar Finish #malas_njelasin :D)

Cara Memasukan Ayat Al Quran ke dalam Microsoft Word
  • Setelah proses download dan instalasi al quran ini selesai, selanjutnya kamu bisa mencoba aplikasi ini dengan membuka microsoft word, lalu pilih menu Add-Ins, dan jika proses instalasi berhasil maka akan ada Al-Quran, seperti contoh dibawah ini

  • Selanjutnya kamu bisa memilih memasukkan ayat al quran ke dalam word dengan berbagai pilihan, yang diantaranya : 1. Get Arabic+Translation : untuk menampilkan ayat al quran dalam huruf arab + translate bahasa indonesia, 2. Get Arabic : untuk menampilkan ayat al quran dalam bahasa arab, 3. Get Translation : untuk menampilkan ayat al quran ke model terjemahan saja.

  • Misal disini saya memilih menu Get Arabic+Translation, lalu saya ingin menampilkan surat Al Fatihah 1-7+Terjemahanya, dengan ukuran font 14 dan model Switch (ayat 1 lalu terjemahanya, ayat 2 lalu terjemahanya, dst) dan jika sudah dirasa sesuai klik tombol OK
  • Maka akan tampil surat al fatihah lengkap beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia, seperti contoh penggalan ayat berikut
Untuk selanjutnya kamu bisa menyisipkan atau memasukkan ayat al quran di ms word surat lainnya sesuai keinginan, dan mudah-mudahan artikel diatas memberi manfaat buat pembaca semua. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, mohon untuk dishare/bagikan ke temen-temen muslim lainnya.

1 comment:

Unknown said...

gaa ketemu gan add in nya, ane make word 2007

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib