Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Dalam berbagai kegiatan memerlukan surat untuk memperlancar kegiatan, termasuk kop surat. Cara membuat kop surat di word Jika surat ditujukan pada instansi atau untuk acara resmi maka diperlukan surat resmi agar meyakinkan. Surat resmi menggunakan kop surat di dalamnya. Kop surat adalah bagian kepala surat yang biasanya terdiri dari nama lembaga, logo, email, alamat, nomor telepon, nomor fax, dan elemen penting lainnya yang berhubungan dengan lembaga dan isi surat.
Membuat kop surat dapat dilakukan menggunakan microsoft word, salah satu aplikasi microsoft office pada komputer Anda. Jika tidak terbiasa Anda mungkin akan kebingungan untuk membuatnya. Maka Anda perlu mempelajari cara membuat kop surat di word. Namun sebelum membuka aplikasi word Anda dapat membuat sketsa desain kop surat yang Anda inginkan. Selanjutnya akan lebih mudah untuk membuat di microsoft word.

Begini Cara Membuat Kop Surat di Word
Berikut cara membuat kop surat di word dengan mudah dalam beberapa langkah.
1. Pastikan Anda sudah berada di lembar aplikasi microsoft word. Klik tab Insert dan pilih Header untuk menjadi tempat kop surat.
cara membuat kop surat di word

2. Setelah memilih header akan muncul header kosong pada lembar word Anda seperti pada gambar. Di bagian header tersebut dapat mengetik teks kop surat seperti nama lembaga, alamat kantor, kode pos, nomor telepon, alamat email, website dan atau informasi lainnya berkaitan dengan  instansi.
cara membuat kop surat di ms word

3. Atur bagian kop surat dengan baik menggunakan enter pada tiap bagian. Jangan lupa untuk memilih jenis, ukuran hingga warna tulisan yang sesuai dan perhatikan agar proporsional.
4. Masukkan logo ke header dengan cara klik tab Insert dan pilih menu picture, cari di mana letak logo digital instansi Anda. Jangan lupa pilih gambar logo ala format .jpg, .bmp atau . pgn dengan klik tombol Insert.

5. Atur kembali ukuran logo dengan memperhatikan proporsi antara logo dan tulisan pada kop surat yang Anda buat. Cara mengatur logo cukup dengan menempatkan kursor pada pojok logo yang dapat mengubah kursor menjadi diagonal resize. Selanjutnya tinggal klik dan gerakkan kursor dari pojok untuk mengaturnya menjadi ukuran lebih kecil maupun lebih besar.
6. Agar tidak terlihat monoton, Anda dapat menambahkan elemen visual lain dalam kop surat. Pilih tab Insert klik menu Shapes pilih Line yang pertama. Selanjutnya kursor akan berubah menjadi tanda plus klik dan gerakkan untuk membuat garis. Klik kanan ada garis untuk melakukan pengaturan warna hingga ketebalan garis dengan memilih format auto shape.  Gunakan kreativitas Anda dalam membuat setiap bagian dari kop surat.

7. Kop surat Anda sudah selesai. Untuk memastikan tidak ada kesalahan Anda dapat mengecek sekali lagi dengan menekan tombol Esc atau langsung mengeklik di luar garis header untuk melihat kop surat dalam layar penuh. Terakhir jangan lupa menyimpan hasil pekerjaan Anda.
Baca Juga : Cara Menghilangkan Watermark di Word
Pada dasarnya cara membuat kop surat di word tidak sulit. Anda hanya butuh terbiasa dan menghafal bagian menu yang ada dalam aplikasi microsoft word. Simpan dengan baik kop surat yang berhasil Anda buat. Selanjutnya Anda tidak perlu mengulang kembali karena file yang tersimpan dapat Anda gunakan kembali. Anda juga perlu mengasah kreativitas untuk membuat kop yang menarik dan tentunya tidak menghilangkan sisi formalitas surat. Selamat mencoba cara membuat kop surat di word.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib