Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Dalam perhitungan matematika, mencari rata-rata merpakan perhitungan yang paling banyak digunakan. Rata-rata merupakan jumlah nilai dari sekelompok data yang kemudian dibagi oleh banyaknya data tersebut. Fungsi dari nilai rata-rata yaitu untuk mendapatkan atau menunjukkan gambaran umum dari suatu data. Untuk mencari rata-rata dapat dilakukan pada Microsoft Excel. Sebenarnya cara mencari rata-rata di excel sama dengan seperti menghitung manual. Hanya saja jika menggunakan excel lebih akurat, mudah dan lebih cepat tanpa harus membuang banyak waktu. Apalagi jika data yang harus dicari rata-ratanya sangat banyak. Cara mencari rata-rata di excel sangat mudah dilakukan karena disini telah ada fungsi khusus yaitu AVERAGE.

Cara Mencari Rumus Rata-Rata di Excel
Ada beberapa cara mencari rumus rata-rata di excel dengan menggunakan fungsi AVERAGE, yaitu :
1. Rumus AVERAGE 1
Rumus ini merupakan yang paling sederhana dan paling mudah dilakukan. Misalnya seperti pada gambar, dimana ada sebuah data yang kemudian ingin diketahui nilai rata-ratanya.
Cara Mencari Rata-Rata di Excel


2. Rumus AVERAGE 2
Rumus ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada dua buah data. Caranya hampir sama dengan rumus satu, hanya saja terdapat dua range karena ada dua buah data.
Cara Mencari Rumus Rata-Rata di Excel

Terdapat dua rumus yang dapat digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari dua buah data namun hasilnya tetap sama. Rumus excel pertama dengan menuliskan range pada masing-masing data sedankan pada rumus kedua langsung menuliskan range dari data pertama hingga kedua. Rumus kedua lebih singkat daripada rumus yang pertama.
Baca Juga : Cara Menghitung Usia di Excel
3. Rumus AVERAGE 3
Rumus ini digunakan ketika range data ada yang berisi nilai logika, teks, maupun kosong. Nilai pada sel tersebut akan diabaikan, tetapi apabila berisi angka 0 akan tetap dihitung atau dimasukkan.
Rumus Rata-Rata di Excel

Cara mencari rata-rata di excel dengan data seperti pada gambar, rumus yang ditulis tetap pada range A2 hingga A11. Namun untuk evaluasinya akan mengabaikan sel yang terdapat teks seperti pada A4, sel kosong pada A4, dan nilai logika pada sel A10. Sehingga yang dihitung nilai rata-ratanya hanya 7 sel, bukan 10 sel.

4. Rumus AVERAGE 4 (AVERAGEA)
Rumus ini digunakan untuk mengitung nilai rata-rata pada sebuah data seperti pada rumus 3. Hanya saja untuk sel yang berisi teks dan logika akan tetap dihitung dan dianggap mempunyai nilai. Untuk keadaan seperti ini, cara mencari rata-rata di excel tidak lagi menggunakan fungsi AVERAGE melainkan fungsi AVERAGEA.
kumpulan Rumus Rata-Rata di Ms. Excel

Dapat dilihat pada gambar diatas, dengan data yang sama seperti pada rumus 3 menghasilkan nilai rata-rata yang berbeda. Hal ini disebabkan dengan fungsi AVERAGEA, sel yang berisi teks maupun nilai logika tetap diperhitungkan. Namun untuk data dengan sel yang berisi nilai kesalahan maupun teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka seperti eror #N/A, maka pada fungsi AVERAGEA akan menghasilkan nilai kesalahan atau yang biasa disebut dengan eror.
Baca Juga : Cara Menghilangkan Watermark di Word
5. Rumus AVERAGE 5 (AVERAGEIF)
Rumus yang terakhir ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dengan syarat atau kriteria tertentu. Sama seperti rumus 4, pada rumus kali ini juga tidak menggunakan fungsi AVERAGE melainkan memanfaatkan fungsi AVERAGEIF.
Rumus Rata-Rata di Ms. Excel

Berdasarkan gambar diatas, rumus pada nomor 1 digunakan untuk mencari nilai rata-rata pembelian unit yang dilakukan oleh Rara. Rumus nomor dua digunakan untuk mencari nilai rata-rata pembelian unit 1 yang dilakukan oleh Rara maupun Ayu. Sedangkan untuk rumus nomor 3 digunakan untuk mencari nilai rata-rata pembelian unit kurang dari 7.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib