Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Persentase atau perseratus merupakan rasio atau perbandingan sebuah angka dengan pecahan seratus. Persentase biasanya digambarkan dengan simbol ‘%’. Persentase digunakan dalam pengolahan maupun penyajian data untuk memudahkan seseorang dalam menangkap sebuah informasi maupun pesan dari data yang disampaikan. Microsoft Excel merupakan salah satu software yang sudah terkenal untuk mengolah data berupa angka-angka. Salah satu software yang dimiliki oleh Microsoft ini memungkinkan orang-orang untuk menyajikan data yang berupa angka termasuk cara menghitung persentase di excel. Didalam Microsoft Office Excel juga terdapat beberapa rumus yang membuat pengguna dapat melakukan dan menyelesaikan perhitungan angka secara mudah dan singkat.

Cara Menghitung Persentase di Excel
Cara Menghitung Persentase di Excel

Sebelum mengetahui cara menghitung persentase di excel, perlu diketahui cara menampilkan persentase pada excel. Ada beberapa cara untuk menampilkan persentase pada excel. Cara yang paling mudah yaitu hanya dengan mengklik ikon ‘%’ dalam angka yang ingin dijadikan persentase. Selain itu, juga dapat dilakukan dengan menekan Ctrl + Shift + %.
Untuk Cell yang sudah ada angkanya dapat dilakukan dengan cara :
1. Memilih cell yang berisi data dan akan diubah ke dalam persentasi.
2. Klik kanan pilih Format Cells

Format Cells juga terdapat pada menu Home kemudian pilih menu Format >> Format Cells

3. Kemudian akan muncul kotak dialog Format Cells dengan beberapa pilihan format yang tersedia. Pilih Precentage dan tentukan jumlah desimal sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya pilih OK. Untuk jumlah desimal merupakan jumlah angka dibelakang koma. Misalnya untuk angka 0.23 setelah dibuat persentase akan menjadi 23 %. Ketika pada jumlah desimal dipilih 2 maka yang akan ditampilkan menjadi 23.00%.

Ketika mengolah data dan menghitung persentasenya, ada dua macam perhitungan yang dapat digunakan, yaitu persentase proporsi dan persentase perubahan antara data yang berbeda.

Persentase proporsi
Misalnya seorang peternak ayam memiliki 50 ekor ayam didalam kandangnya. Suatu hari tiba-tiba ada 15 ekor ayamnya yang mati. Data yang ingin disampaikan adalah persentase ayam yang mati secara tiba-tiba.
Cara menghitung persentase di excel ayam yang mati sangat mudah.
1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan data jumlah total ayam dan jumlah ayam yang mati ke dalam excel seperti contoh dibawah ini.

2. Kemudian pada cells Nilai Persentase dapat dihitung Persentasenya dengan menggunakan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Jangan lupa untuk menentukan jumlah desimal sesuai dengan data yang diperlukan.

Baca Juga : Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel

Persentase perubahan antara data yang berbeda
Yang dimaksud dengan persentase perubahan data disini adalah menghitung terjadinya kenaikan atau penurunan nilai pada suatu data. Misalnya pada bulan Januari 2012 jumlah padi yang sudah dipanen oleh Desa A sebesar 5000 ton. Kemudian pada bulan April 2012 jumlah padi yang berhasil dipanen sebesar 7500 ton, sehingga terjadi kenaikan jumlah padi yang telah dipanen. Cara menghitung persentase di excel kenaikan jumlah panen padi dapat menggunakan formula seperti berikut :
1. Sama seperti penjelasan sebelumnya, terlebih dahulu memasukkan data ke dalam format excel seperti berikut ini :

2. Pada angka Persentase Perubahan dapat dihitung nilainya dengan menggunakan cara yang telah dijelaskan diawal. Pengguna dapat memilih jumlah desimal sesuai dengan kebutuhan.

Hal yang sama juga berlaku untuk data yang mengalami penurunan. Cara penulisan soal dan cara menghitung persentase di excel untuk data perubahan penurunan nilai juga sama seperti data perubahan kenaikan. Hanya saja nilainya yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib